Rabu, 12 November 2014

Kesalahan Dalam Memanfaatkan Social Media Untuk Bisnis

Ada perbedaan yang cukup besar antara memanfaatkan social media  hanya karena mengikutituntutan bisnis dengan memanfaatkan social media karena kita tahu manfaatnya untuk bisnis kita.Apabila kita salah dalam memanfaatkan social media maka apa pun yang kita lakukan di social media tidak akan memberikan dampak apa – apa pada bisnis kita 
Berikut ini adalah beberapa tanda bahwa kita telah salah dalam memanfaatkan social media. 
1. Tidak Melakukan Update Secara Berkala 
Salah satu hal yang penting diperhatikan dalam memanfaatkan social media untuk bisnis adalah konsistensi dalam melakukan update statusApabila fans atau follower yang melihat akun social media kita tidak melakukan update status dalam waktu yang cukup lama maka ke depannyamereka akan menjadi tidak tertarik untuk mengikuti info yang kita berikan di postingan social media. Hal tersebut tentunya bukanlah sesuatu yang kita inginkan dalam menggunakan social media untuk bisnis. 
2. Jumlah Follower atau Fans Tidak Bertambah 
Pertambahan fans ataupun follower bukanlah satu-satunya acuan dalam menilai keberhasilandalam social mediaNamunjika follower atau fans kita tidak bertambah sama sekali dalambeberapa waktu, sebagai hasil dari proses marketing yang telah kita lakukan maka kita perlumelakukan evaluasi dari strategi yang kita terapkan. Kita harus melakukan suatu hal yangberbeda dari apa yang telah kita lakukan sebelumnya. 
3. Tidak Ada Engagement pada Postingan yang Diupdate 
Social media sangat erat hubungan dengan membangun kedekatan dengan para fans danfollowerNamunapabila postingan kita tidak ada yang merespon maka tujuan kita untukmembangun kedekatan dengan para fans dan follower tentu tidak tercapai. JIka hal ini terus kitabiarkan maka sama saja seperti kita berbicara di tengah keramaian namun tidak ada orang yangmenyimak apa yang kita sampaikan. 
4. Autopost Lintas Social media 
Karakteristik konten yang baik di Facebook berbeda dengan karakteristik konten yang baik di Twitter, begitu pula karakteristik konten yang baik pada social media yang lainnyaOleh karenaituapabila kita melakukan autopost untuk lintas social media maka itu sama saja denganmenghilangkan kesempatan kita untuk lebih dekat dengan calon konsumen kita pada setiapplatform social media tersebut 
5. Mengabaikan Sentimen Negatif
Dalam social media sentimen positif dari para fans ataupun follower akan memberikan dampak yang baik untuk merek kita. Namun, sebaik apa pun bisnis yang kita miliki tidak bisa dipungkiri pasti akan tetap ada saja sentimen negatif yang akan muncul. Sentimen negatif ini tidak boleh kita diamkan saja, karena apabila hal tersebut terjadi terus – menerus maka bukan tidak mungkin akan membentuk opini publik yang akan mengakibatkan merek kita rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar