Minggu, 16 November 2014

Tentang Strategi Content Marketing

Content is the heart of online marketing


Istilah content marketing telah berubah arti dengan cepat  oleh para marketer. Hal ini bisa dilihat  dengan volume pencarian Google  yang banyak tentang hal ini. Meskipun content marketingtelah memiliki arti yang berbeda beda dalam beberapa tahun ini, kenaikan pencarian dari keyword content marketing  sebenarnya tidak mengejutkan.

Google Trend

Perubahan algoritma Google yang  cepat selama 12 bulan terakhir telah banyak menumbangkan banyak situs dan blog yang miskin konten.
September 2012 adalah masa peluncuran algoritma Google terbaru,Panda dan update Penguin, bersama-sama menurunkan ranking situs dengan nama domain “exact match”, misalnya Anda menjual baju batik dan lebih mengandalkan nama domain “bajubatik” ketimbang memberikan konten tentang batik. Google bekerja keras untuk melakukan penalti terhadap situs yang miskin content dan menaikkan situs dengan konten yang baik, bermanfaat, relevan dan unik.
Anda perlu mengambil tindakan jika:
  • Website Anda memiliki kurang dari 100 halaman
  • Website Anda memiliki jumlah halaman yang banyak diisi dengan yaitu ‘content tipis’ atau content berkualitas buruk
  • Anda ingin meningkatkan tingkat keterlibatan yang Anda miliki dengan audiens Anda

Hal Pertama : Apa Goal Anda ?

Sebelum Anda mengambil tindakan, Anda harus mengetahui apa yang Anda inginkan. Mulailah berpikir dan berdiskusi dengan rekan-rekan Anda tentang sesuatu yang benar-benar ingin Anda capai dengan teknik marketing Anda. Ketahuilah tujuan Anda dengan lebih spesifik, bukan hanya tujuan bisnis yang klise seperti ‘meningkatkan penjualan’ atau ‘peningkatan pangsa pasar’.
Sebagai contoh, misalnya Anda ingin meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke situs Anda melalui media sosial sebanyak 200% selama 12 bulan ke depan. Atau mungkin ingin mengurangi budget PPC Anda namun tetap menaikkan total sales Anda dari online di tahun yang akan datang.

Action

Pertama, buang konten yang kurang berkualitas, entah itu tentang  deskripsi produk Anda atau memberikan informasi latar belakang.
Jika situs Anda tidak memiliki blog, buatlah sekarang dan update content setiap harinya.  Jika Anda ingin mendapatkan ranking google pada keyword yang Anda tuju, Anda akan melihat peningkatan dalam 1-2 bulan kedepan. Anda juga bisa memulai dengan keyword lapis dua.
Ingat bahwa pesaing Anda juga akan menambahkan content dan meningkatkan rangking web mereka, sehingga tekanan pada ranking search engine akan Anda rasakan.
Berikut adalah tiga strategi yang perlu Anda ikuti untuk selalu memiliki ranking yang baik :
  • Tambahkan lebih banyak konten menarik, relevan dan informatif
  • Tambahkan berbagai jenis konten
  • Sebarkan konten Anda
Berikut adalah penjelasannya :

Tambahkan lebih banyak konten

Perusahaan yang menambahkan setidaknya 20 artikel per bulan untuk web mereka mendapatkan traffic lima kali lebih banyak daripada company yang hanya menulis seminggu sekali.
businessesthatblog2
Dengan memasukkan posting yang reguler dan berita tentang company Anda, Anda juga akan mempublikasikan authority dan industry knowledge Anda sambil menginformasikan dan mengedukasi pembaca Anda. Selain itu pada waktu yang sama Anda memberikan mereka sebuah platform untuk terlibat dengan Anda.
Masa untuk membuat konten yang khusus dibuat untuk search engine (hanya untuk dibaca oleh mesin searc) telah usai sejak perubahan algoritma ini. Anda tidak lagi dapat melakukan keyword abusing untuk mendapatkan ranking yang baik. Search engine sudah lebih pintar sekarang.
Namun, dalam konteks ini tentu saja kita tetap harus fokus dalam menjaring keyword yang mendatangkan konversi. Keyword sangat dibutuhkan dalam menjaring pembeli.
Dalam proses penulisan artikel yang benar-benar relevan dan informatif, kata kunci lapis pertama dan kedua biasanya secara alami akan muncul dan membantu  situs Anda dalam pencarian dan membangun long tail keyword situs Anda untuk jangka panjang.
Cobalah untuk menghindari konten yang company-centric. Banyak marketer menganggap bahwa audiens mereka akan suka pada content yang berpusat di sekitar perusahaan dan mereknya saja. Pendekatan ini sama sekali tidak menghasilkan hubungan yang tulus dengan pelanggan.
Tentu saja mudah bagi orang untuk membuat kontent tentang perusahaan mereka. Sebaliknya, itu relatif sulit bagi marketer untuk membuat konten original di luar perusahaan mereka yang disukai audiens mereka. Menurut survey, 41 persen dari marketer mendapatkan masalah untuk membuat konten yang disukai pembeli dan pengunjung.
Tujuan dalam bisnis Anda tentu saja ingin meningkatkan sales dan profit. Anda tentu juga ingin menerangkan kepada audiens tentang brand Anda, membangun brand awareness kepada mereka,dan  meningkatkan brand market.
Tidak ada yang salah jika Anda fokus pada keinginan audiens selama itu berhubungan tentang organisasi Anda. Dan tanpa merek dalam konten maka konten Anda tentu akan diabaikan oleh audiens. Namun, jika Anda membatasi konten yang seharusnya Anda buat, yang berhubungan tentang bisnis dan brand Anda,  Anda akan kesulitan untuk membanngun audiens Anda.
Cobalah untuk membuat bisnis dan merek Anda keluar dari jalur yang biasanya dan lihat bagaimana konten nantinya.
Yang menarik adalah ketika Anda benar-benar memiliki sesuatu yang menarik dan Anda menulis content untuk audiens Anda tentang merek dan perusahaan, tentunya mereka akan jauh lebih perhatian dan responsif.

Tambahkanlah berbagai jenis konten

Menambah berbagai tipe konten adalah cara yang lain untuk melebarkan influence Anda dan menaikkan rasio engagement audiens dan tentu saja menaikkan situs anda dari sisi SEO.
jenis strategi konten

Content Marketing

Keefektifan dari konten Anda sangat tergantung pada bagaimana informasi yang ada dalam konten Anda. Visualisasi di atas menggambarkan pilihan jenis konten, positioning yang bisa Anda gunakan. Juga goal dari konten. Lihatlah bahwa tipe konten yang berbeda memiliki tujuan yang berbeda.
Pilihan dalam pembuatan konten Anda harus melihat sumber daya yang tersedia. Menulis buku atau bahkan sebuah whitepaper, umumnya sangat efektif, tetapi itu adalah pilihan yang mahal. Di sisi lain memiliki media sosial dan blog adalah pilihan yang cepat dan murah tetapi memiliki efektivitas yang terbatas.
Banyak konten seperti komik dan kartun yang biasanya mendapatkan banyak share di social media. Cobalah untuk memulainya.  Atau Anda dapat membuat Slideshare presentations untuk membuat presentasi yang lebih menarik.
Dari segi ekonomis, kualitas blog dan feed berita adalah cara yang sangat ampuh untuk menginformasikan dan terlibat dengan audiens Anda, terutama bila digunakan bersama dengan newsletter dan media sosial. Selain itu search engine seperti google sangat menghargai situs yang banyak menambahkan konten. Bahkan banyak ahli search engine yang mengatakan bahwa konten itu seperti kue yang baru keluar dari oven - ‘best when fresh’.
Infographics bagus untuk membantu audience membaca banyak data dengan cara yang menyenangkan. Informasi yang berat dan bervariasi lebih mudah dicerna jika pembuat konten memiliki kreatifitas dalam meramu konten.

Sebarkan konten Anda

Pada saat Anda telah membuat konten, tentunya Anda menginkan konten itu segera dibaca oleh pembaca bukan ?
Berikut bagaimana cara melakukan promosi konten Anda dengan cepat :
Promosi internal
Sebelum kita berbicara bagaimana konten Anda disebarkan melalui situs lain, cek lah terlebih dahulu format tulisan Anda, apakah teroptimasi dari segi “Onpage” atau tidak.
taktik distibusi konten
Menambahkan internal links dari keyword akan membantu Anda dalam membuat tampilan situs yang bagus dari sisi arsitektur website. Jangan takut membuat link tautan ke situs lain. Dahulu hal ini tentu akan mengurangi ranking situs Anda. Namun, untuk sekarang search engine sudah lebih pintar dalam menghitung pola ranking.
Pastikan Anda selalu menempatkan tombol social sharing di setiap konten Anda dan cek RSS feed Anda, mungkin saja ada error disana.  Jika ada error maka jumlah feed subscriber tentu akan berkurang.
Promosi Eksternal
Tentu saja banyak sekali para marketer yang menggunakan social media untuk melakukan promosi eksternal. Jika Anda membuat konten yang baik tentu akan banyak orang yang melakukan share.
Kita bisa lihat di facebook. Hanya dengan gambar yang menarik dan sedikit kata dapat menarik ratusan komentar dan share.
Media social adalah sebuah platform yang sangat kuat untuk mempromosikan konten Anda menggunakan konten menarik.
Dalam pendekatan holistik, Anda dapat mengkoordinasi media sosial Anda, PPC, SEO, public relations dan aktivitas marketing online lainnya sehingga Anda tidak bekerja berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
Itulah strategi yang jika Anda jalankan dengan baik maka Anda dapat meninggalkan pesaing Anda jauh dibelakang.
http://startupbisnis.com/hal-penting-yang-anda-perlu-tahu-tentang-content-marketing/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar