Rabu, 19 November 2014

Pengertian dan Tujuan Kegiatan Distribusi

gerbangilmu.com tempat berbagi,ilmu pelajaran sekolah untuk kalangan orang-orang yang ingin mencari ilmu 
Gerbangilmu.com - Hari ini kami akan memposting sebuah artikel tentang IPS Ekonomi dengan judul Pengertian dan Tujuan Kegiatan Distribusi. Di dalam artikel ini terdapat pengertian dari kegiatan Distribusi dan tujuan dari kegiatan distribusi. berikut adalah artikelnya

Baca Juga: Faktor Faktor Produksi Kewirausahaan

Ilustrasi distribusi

Pengertian Distribusi

Barang barang hasil produksi tidak mempunyai nilai guna apabila tidak sampai di tangan konsumen. Setiap produsen yang menghasilkan barang/jasa, berusaha untuk menjual hasil produksinya kepadakonsumen.

 Hasil produksi di pabrik, seperti buku buku, komputer, sepatu dan semua produk lain akan terbengkalai jika tidak disalurkan kepada konsumen. 

Demikian pula halnya dengan perawat, dokter, teknisi, guru dan tenaga tenaga terlatih lainya menjadi menganggur karena tidak disalurkan ke lapangan pekerjaan yang sesuai dengan bidang masing masing. 

Akibat dari keduanya, permintaan konsumen tidak terpenuhi atau terlayani. Permasalahan tersebut menimbulkan kesadaran akan perlunya distribusi.

Berdasarkan uraian diatas distribusi dapat diartikan sebagai kegiatan menyalurkan barang atau jasa sebagai hasil dari produsen ke konsumen sehingga nilai ekonomi barang atau jasa itu menjad nyata. Kegiatan produksi dapat berlangsung berkat adanya produsen. Demikian pula, kegiatan konsumsi menjadi nyata berkat adanya konsumen. Oleh karena itu, kegiatan distribusi tidak dapat dilepaskan dari pelakunya. Pelaku distribusi ini dinamakan sebagai distributor.

Tujuan Kegiatan Distribusi

Tujuan Krgiatan distribusi yang dilakukan oleh individu atau lembaga sebagai berikut :
  1. Kelangsungan hidup kegiatan produksi terjamin
    Produsen atau perusahaan membuat barang dengan tujuan dijual untuk memperoleh keuntungan. Dari hasil penjualan tersebut dapat digunakan untuk melakukan proses produksi kembali sehingga kelangsungan hdup perusahaan tetap terjamin.
  2. Barang atau jasa Hasil produksi dapat bermanfaat bagi konsumen
    Barang atau jasa produksi tidak akan ada artinya bila tetap berada di tempat produsen. Barang atau jasa tersebut akan bermanfaat bagi konsumen yang membutuhkan setelah ada kegiatan distribusi.
  3. Konsumen dapat memperoleh Barang dengan mudah
    Tidak semua barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen dapat dibeli secara langsung dari produsen. Ada barang barang atau jasa jasa tertentu yang memerlukan kegiatan penyaluran atau distribusi dari produsen ke konsumen agar konsumen mudah untuk mendapatkanya.
Trimakasih sekian artikel kami tentang IPS Ekonomi dengan judul Pengertian dan Tujuan Kegiatan Distribusi. Semoga artikel yang kami berikan bermanfaat bagi anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar