Minggu, 16 November 2014

Konsep Marketing Gethok Tular

Gethok Tular berasal dari bahasa jawa. Dilihat dari segi bahasa, pada dasarnya aku sendiri juga kurang memahami asal muasal dan arti dari kata gethok tular. 

Namun secara konsep, makna dari marketing secara gethok tular sendiri hampir sama dengan viral marketing, yaitu membuat produk anda terkenal dan dipasarkan oleh orang lain dari mulut ke mulut. Lebih mudahnya, ada sebuah warung bakso yang sebenarnya enak sekali di daerah anda. Namun, anda belum pernah membeli sekalipun di warung bakso tersebut. 

Tetapi, tetangga atau teman anda membeli bakso di warung tersebut dan merasakan betapa enaknya bakso yang dia makan. Maka secara tidak sadar, cepat atau lambat ketika teman atau tetangga anda itu bertemu dengan anda pasti akan bercerita kepada anda tentang bakso enak yang pernah dia makan.

Sehingga, setelah anda mendengar cerita tersebut, selain anda menjadi tahu anda juga akan sangat tertarik untuk membeli dan mencoba sendiri bakso tersebut. Nah, begitulah kira-kira penjelasan saya mengenai marketing ala gethok tular ini.

Strategi marketing gethok tular ini sebenarnya strategi yang sangat ampuh sekali sebagai sarana pemasaran produk atau usaha anda. Mengapa saya katakan demikian? Sebab ketika gethok tular ini bekerja, maka anda tidak perlu membuang-buang tenaga dan membuang dana yang besar untuk memasarkan usaha anda. Anda cukup membuat setiap konsumen anda merasa puas, lalu konsumen anda tersebut dengan sendirinya akan merekomendasikan usaha anda kepada keluarga, teman sejawat, tetangga, serta teman kantornya.

Faktor Pendukung Suksesnya Gethok Tular

Meskipun merupakan salah satu strategi marketing yang handal, untuk bisa membuat gethok tular ini bekerja tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendukung strategi marketing ini bekerja. Berikut adalah beberapa hal yang saya maksud:
  • Buatlah produk yang berkualitas, unik dan berbeda dari yang lain sehingga mempunyai nilai lebih di mata konsumen.
  • Berikan service customer excelent atau pelayana konsumen yang baik sehingga konsumen tidak kecewa ketika membeli barang dan produk anda, meskipun usaha anda hanyalah sebuah warung.
  • Buatlah konsumen anda puas ketika membeli di tempat anda, buat dia merasa berkesan berbelanja di tempat anda, sehingga konsumen akan datang kembali ke tempat usaha anda sebagai konsumen yang loyal.
Nah, begitulah menurut saya pribadi mengenai strategi marketing ala gethok tular ini. Semoga artikel yang singkat dan penjelasan yang tidak terlalu panjang ini dapat membantu anda untuk mengembangkan bisnis anda. Terakhir, kunci dari strategi marketing ala gethok tular adalah kepuasan konsumen. Tanpa kepuasan itu, maka tak akan ada gethok tular. 

Sekali konsumen kecewa, maka itu akan menjadi boomerang bagi usaha anda. Sebab sudah pasti, bukan hal baik yang disampaikan oleh orang itu kepada orang lain, akan tetapi keburukan dari usaha anda yang akan tersebar. Demikian, dan terima kasih telah membaca artikel strategi marketing gethok tular ini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar