Jika kita melakukan pengukuran dan eveluasi strategi social media dengan benar, maka social media tentunya akan memberikan efek yang cukup signifikan pada bisnis kita. Berikut ini adalahbeberapa hal yang harus kita perhatikan dalam pengukuran ROI social media marketing.
- 1. Apakah Cara Mudah untuk Mengukur Kesuksesan Social Media
Pengukuran traffic website bisnis kita yang berasal dari akun social media merupakan salah satuparameter utama dalam mengukur ROI dari strategi social media marketing yang kita lakukan.Melakukan pengukuran inipun tidak sulit, kita cukup menggunakan Google Analytics, denganbegitu apabila kita men-share link di social media untuk mengarahkan ke website, maka kita bisamengetahui berapa banyak orang yang mengkliknya.
- 2. Bagaimanakah untuk Melacak Konversi dari Social Media
Untuk melacak konversi di website dari social media, kita bisa menggunakan Google Analyticsuntuk melakukannya. Tapi sebelum melakukan pelacakan konversi ini, kita harus menetapkanterlebih dulu konversi seperti apakah yang kita ingin lacak.
Apakah konversi berupa penjualan, berlangganan newsletter, download materi, dan lain – lain.Untuk melihat data konversi dari social media kita bisa melihatnya dengan klik menu reporting,lalu pilih acquisition yang berada pada menu sebelah kiri, lalu pilih social, dan setelah itu klikmenu conversion.
- 3. Parameter Apa Saja yang Perlu Ada pada Pengukuran ROI Social Media Marketing
Tidak ada parameter baku dalam data hasil pengukuran ROI social media marketing. Tapi salahsatu yang menjadi parameter keberhasilan dari strategi social media marketing yang kita lakukanadalah berapa banyak yang mengunjungi website kita dari social media. Misalkan kitamenggunakan Facebook Ads dan berhasil mendapatkan fans sebanyak 100.000.
Namun, dari 100.000 itu ternyata tidak ada yang berinteraksi dengan fanspage kita, tidak pernahmengklik link yang kita share, dan tidak ada yang membeli produk kita, maka itu sinyal untuk kitasegera melakukan evaluasi iklan di Facebook dan memperbaiki strategi yang kita gunakan.
- 4. Seberapa Seringkah Kita Harus Memeriksa Hasil Pengukuran ROI dari Social Media Marketing
Pemeriksaan data hasil pengukuran ROI dari social media marketing secara teratur akanmembantu kita dalam menentukan strategi social media marketing selanjutnya. Oleh karena itu,seminimal mungkin kita harus cek data hasil pengukuran ROI sebulan sekali. Semakin cepatmelakukan perbaikan maka semakin cepat menghindarkan bisnis kita dari kegagalan
http://portalpengusaha.com/social-media
Tidak ada komentar:
Posting Komentar