Rabu, 12 November 2014

Yang Harus Diperhatikan Dalam Pengukuran ROI Social Media Marketing

Banyaknya retweet ataupun like di akun social media kita tentunya tidak akan ada gunanya jikatidak memberikan pengaruh terhadap kemajuan bisnis kita. Oleh sebab itujika pengukuranReturn of Investment (ROI) dari social media kita anggap sebagai suatu pekerjaan yangmembuang waktumaka kita harus memikirkan kembali pendapat tersebut.
Jika kita melakukan pengukuran dan eveluasi strategi social media dengan benarmaka social media tentunya akan memberikan efek yang cukup signifikan pada bisnis kita. Berikut ini adalahbeberapa hal yang harus kita perhatikan dalam pengukuran ROI social media marketing.

  • 1. Apakah Cara Mudah untuk Mengukur Kesuksesan Social Media 

Pengukuran traffic website bisnis kita yang berasal dari akun social media merupakan salah satuparameter utama dalam mengukur ROI dari strategi social media marketing yang kita lakukan.Melakukan pengukuran inipun tidak sulitkita cukup menggunakan Google Analytics, denganbegitu apabila kita men-share link di social media untuk mengarahkan ke websitemaka kita bisamengetahui berapa banyak orang yang mengkliknya.   
  • 2. Bagaimanakah untuk Melacak Konversi dari Social Media 

Untuk melacak konversi di website dari social media, kita bisa menggunakan Google Analyticsuntuk melakukannyaTapi sebelum melakukan pelacakan konversi inikita harus menetapkanterlebih dulu konversi seperti apakah yang kita ingin lacak
Apakah konversi berupa penjualanberlangganan newsletterdownload materidan lain – lain.Untuk melihat data konversi dari social media kita bisa melihatnya dengan klik menu reporting,lalu pilih acquisition yang berada pada menu sebelah kirilalu pilih socialdan setelah itu klikmenu conversion. 
  • 3. Parameter Apa Saja yang Perlu Ada pada Pengukuran ROI Social Media Marketing 

Tidak ada parameter baku dalam data hasil pengukuran ROI social media marketingTapi salahsatu yang menjadi parameter keberhasilan dari strategi social media marketing yang kita lakukanadalah berapa banyak yang mengunjungi website kita dari social mediaMisalkan kitamenggunakan Facebook Ads dan berhasil mendapatkan fans sebanyak 100.000.
Namundari 100.000 itu ternyata tidak ada yang berinteraksi dengan fanspage kitatidak pernahmengklik link yang kita sharedan tidak ada yang membeli produk kitamaka itu sinyal untuk kitasegera melakukan evaluasi iklan di Facebook dan memperbaiki strategi yang kita gunakan. 
  • 4. Seberapa Seringkah Kita Harus Memeriksa Hasil Pengukuran ROI dari Social Media Marketing 


Pemeriksaan data hasil pengukuran ROI dari social media marketing secara teratur akanmembantu kita dalam menentukan strategi social media marketing selanjutnyaOleh karena itu,seminimal mungkin kita harus cek data hasil pengukuran ROI sebulan sekaliSemakin cepatmelakukan perbaikan maka semakin cepat menghindarkan bisnis kita dari kegagalan
http://portalpengusaha.com/social-media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar