Minggu, 09 November 2014

PETA Strategi TOKO Online



Serupa dengan Jack Ma (alibaba.com), meski saya pendiri Yukbisnis.com, saya sangat awam dengan hal teknis tentang Web dan Toko Online. Saya berkata kepada tim saya, “Kita harus meng-GOBLOK-kan diri kita lebih GOBLOK dari pengguna Yukbisnis, agar mereka paham..”

Kali ini, saya akan share tentang SEO dengan bahasa semudah-mudahnya (baca: segoblok-gobloknya), semoga Anda paham, karena saya juga ‘goblok’, hehe..
SEO = Search Engine Optimization ialah segala upaya untuk membuat web atau toko online Anda ‘nongol’ di halaman pertama google.

Logika Rumah Makan

Jika Anda barusan membuka rumah makan (RM), apa yang akan Anda lakukan agar Laris? Banyak RM yang enak masakannya, strategis lokasinya, gila promonya, tapi tetap gak laris juga tuh.

Ada 1 formula ampuh untuk melariskan rumah makan, yaitu ‘buatlah ramai’, apapun alasannya. Jika RM Anda ramai, maka akan menjadi pusat perhatian orang. Betul?
Mungkin Anda akan bertanya, “Kalo RAMAI, yaa pasti sudah pasti LARIS Mas..”

Belum tentu..! Namun karena logika calon konsumen berfikir “RAMAI = LARIS = ENAK”, maka tugas kita membuat RM kita jadi RAMAI. Tujuannya, biar ‘dianggap’ LARIS dan ENAK.

Contoh upaya-upaya yang mebuat seolah ramai:
• Parkir Gratis.
• Gratis yang minum di teras.
• Promo Murah dengan setiap orang hanya bisa beli terbatas.
• Konsul Jodoh Suhu Acong.

Pokoknya segala upaya membuat RM Anda tampak ramai. Saat kondisi ramai itu terjadi, ‘semut’ yang melewati RM Anda akan PENASARAN untuk mencoba. Tentu pastikan RM Anda bukan PhP, agar LARIS beneran.

Itulah LOGIKA sederhana cara kerja SEO, meski sampai sekarang rumusan SEO secara pasti masih menjadi RAHASIA Google. Namun ‘bocoran’ dari para master yang telah menguji dengan bermacam eksperimen itulah yang bisa kita terapkan.
bersambung bentar lagi..

SEO untuk Orang Awam (2)

Sebelumnya saya pernah share bagan ‘Peta Strategi Toko Online’.
Coba baca ulang disini >>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar