Makin maraknya penggunaan social media sebagai salah satu channel marketing, membuat parabanyak pebisnis khususnya UKM juga ikut berbondong-bondong masuk ke social media. Namun,sayangnya tidak semua pebisnis UKM itu memanfaatkannya secara tepat. Hal utama yangmenyebabkannya adalah tidak adanya perencanaan dalam menjalankan social media marketing.Berikut ini adalah hal – hal yang harus kita perhatikan saat membuat perencanaan social media marketing.
1. Apa yang Ingin Kita Dapatkan dari Social Media
Saat membuat perencanaan social media marketing kita harus tentukan tujuan kitamenggunakan social media. Tujuan suatu bisnis menggunakan social media marketing punbermacam – macam, bisa untuk memperluas exposure mereknya, untuk mempromosikan produkbaru, untuk berinteraksi dan membangun relasi dengan konsumen, ataupun sebagai channel customer service.
2. Siapakah yang akan Meng-handle Akun Social Media Kita Tersebut
Saat akan memanfaatkan social media sebagai salah satu channel marketing bisnis kita, tentunyakita juga harus menentukan siapakah yang akan meng-handle-nya. Jika kita adalah usaha kecildan belum mempunyai cukup dana untuk membayar orang untuk meng-handle, makamenjalankan sendiri akun tersebut tidak apa – apa.
Tetapi jangan biarkan hal tersebut terjadi berkepanjangan, karena sebagai pemilik bisnis tugaskita bukan hanya menjalankan akun social media melainkan juga memikirkan pengembanganbisnis. Oleh sebab itu, kita harus menyiapkan dana untuk membayar orang yang khususmelaksanakan social media marketing.
3. Social Media Apa Saja yang akan Kita Gunakan
Saat membuat perencanaan social media marketing, kita harus menentukan akun social mediaapa saja yang akan kita gunakan. Jika kita belum mempunyai tim khusus yang meng-handle akunsocial media, maka pilihlah social media yang paling banyak calon konsumen kita berada.
4. Apa Saja yang akan Kita Post di Akun Social Media Tersebut
Seticalon ap social media memiliki karakteristik yang berbeda – beda untuk konten yang dapatmenarik perhatian para konsumen. Misal, untuk Facebook konten dengan gambar dapatmenghasilkan engagement yang lebih baik dibandingkan jenis konten yang lainnya. Oleh karenaitu, konten yang berhasil di suatu social media belum tentu berhasil di social media lainnya.
5. Bagaimana Cara Mengukur Efektivitas Strategi Social Media Marketing yang Kita Lakukan
Pengukuran efektivitas strategi social media marketing yang kita jalankan sangatlah penting untuk dilakukan. Dengan melakukan pengukuran, kita bisa mengetahui apakah strategi yang kita jalankan berhasil atau tidak.
Pada Facebook, kita bisa melakukan pengukuran efektivitas dengan menggunakan fitur insightyang ada di fanspage kita. Sedangkan di Twitter, kita bisa menggunakan beberapa aplikasi untuk melakukan pengukuran seperti, twittercounter.com untuk mengukur pertambahan follower dan twtrland.com untuk mengukur demografi follower.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar