Rabu, 12 November 2014

Yang Harus Diperhatikan Dalam Social Media Marketing Plan

Makin maraknya penggunaan social media sebagai salah satu channel marketingmembuat parabanyak pebisnis khususnya UKM juga ikut berbondong-bondong masuk ke social mediaNamun,sayangnya tidak semua pebisnis UKM itu memanfaatkannya secara tepat. Hal utama yangmenyebabkannya adalah tidak adanya perencanaan dalam menjalankan social media marketing.Berikut ini adalah hal – hal yang harus kita perhatikan saat membuat perencanaan social media marketing.


1. Apa yang Ingin Kita Dapatkan dari Social Media 
Saat membuat perencanaan social media marketing kita harus tentukan tujuan kitamenggunakan social mediaTujuan suatu bisnis menggunakan social media marketing punbermacam – macambisa untuk memperluas exposure mereknyauntuk mempromosikan produkbaruuntuk berinteraksi dan membangun relasi dengan konsumenataupun sebagai channel customer service. 
2. Siapakah yang akan Meng-handle Akun Social Media Kita Tersebut 
Saat akan memanfaatkan social media sebagai salah satu channel marketing bisnis kitatentunyakita juga harus menentukan siapakah yang akan meng-handle-nyaJika kita adalah usaha kecildan belum mempunyai cukup dana  untuk membayar orang untuk meng-handlemakamenjalankan sendiri akun tersebut tidak apa – apa.
Tetapi jangan biarkan hal tersebut terjadi berkepanjangankarena sebagai pemilik bisnis tugaskita bukan hanya menjalankan akun social media melainkan juga memikirkan pengembanganbisnisOleh sebab itukita harus menyiapkan dana untuk membayar orang yang khususmelaksanakan social media marketing 
3. Social Media Apa Saja yang akan Kita Gunakan 
Saat membuat perencanaan social media marketingkita harus menentukan akun social mediaapa saja yang akan kita gunakanJika kita belum mempunyai tim khusus yang meng-handle akunsocial mediamaka pilihlah social media yang paling banyak calon konsumen kita berada 
4. Apa Saja yang akan Kita Post di Akun Social Media Tersebut 
Seticalon ap social media memiliki karakteristik yang berbeda – beda untuk konten yang dapatmenarik perhatian para konsumenMisaluntuk Facebook konten dengan gambar dapatmenghasilkan engagement yang lebih baik dibandingkan jenis konten yang lainnyaOleh karenaitukonten yang berhasil di suatu social media belum tentu berhasil di social media lainnya. 
5. Bagaimana Cara Mengukur Efektivitas Strategi Social Media Marketing yang Kita Lakukan

Pengukuran efektivitas strategi social media marketing yang kita jalankan sangatlah penting untuk dilakukan. Dengan melakukan pengukuran, kita bisa mengetahui apakah strategi yang kita jalankan berhasil atau tidak.

Pada Facebook, kita bisa melakukan pengukuran efektivitas dengan menggunakan fitur insightyang ada di fanspage kita. Sedangkan di Twitter, kita bisa menggunakan beberapa aplikasi untuk melakukan pengukuran seperti, twittercounter.com untuk mengukur pertambahan follower dan twtrland.com untuk mengukur demografi follower. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar